Panduan Konsep Mengenai Pengertian Pengembangan Standar Kompetensi Dasar Seta perumusannya
![]() |
Panduan Konsep Mengenai Pengertian Pengembangan Standar Kompetensi Dasar Seta perumusannya |
Panduan
Pengembangan penilaian berbasis Indikator merupakan Penanda Pencapaian
Kompetensi Dasar yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur
melalui sikap, pengetahuan, dan keterampilan.Dalam Cerminan
karakteristik pencapaian Mata Pelajaran indikator dapat dikembangkan
menjadi beberapa indikator penilaian yang mencakup Ranah Kognitif,
Afektif, dan Psikomotorik.
Tingkat kompetensi dapat diklasifikasi dalam tiga bagian, yaitu tingkat pengetahuan, tingkat proses, dan tingkat penerapan, Serta Pengembangan Indikator.
Penyelenggaraan Pendidikan harus dapat melayani kebutuhan peserta didik, lingkungan, serta mengembangkan potensi peserta didik secara optimal, Karena jikalau dalam pengembangan Pendidikan tidak menjadikan acuan terhadap lingkungan masyarakat susah untuk mencapai nilai Pengembangan yang kita harapkan.
Setiap kompetensi dasar dikembangkan sekurang-kurangnya
menjadi tiga indikator Keseluruhan indikator memenuhi tuntutan
kompetensi yang tertuang dalam kata kerja yang digunakan dalam Stanadar
Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tujuannya Untuk Menerapkan pendidikan
yang bermutu serta Menghasilkan Output yang bernilai, Jadi Indikator
dalam Pengembangan Pendidikan Harus Selaras dengan Standar Kompetensi
dan Kompetensi Dasar.
Preview File