Format penilaian Gerakan Penumbuhan Budi Pekerti di Sekolah Dasar Menengah dan Atas
Format Penilaian Gerakan Penumbuhan Budi Pekerti di Sekolah SD,SMP dan SMA |
sangat mendukung sekali jika anak didik kita selain pintar dari ilmu pengetahuan nya dan mempunyai watak moral yang terpuji juga, maka dari itu lah tugas kita sebagai pendidik di mulai lah dari sekarang untuk membentuk nya suatu keberhasilan seorang guru ,jika anak berprestasi dari berbagai hal disertai dengan moralitas yang terpuji juga.
di sini sastrapendidikan mengulas mengenai pembinaan/membentuk moralitas anak kami sediakan format dalam membantu serta membina dan menumbuhkan karakter anak yang baik diantaranya :
A. Pelaksanaan Budi Pekerti
1. Ing Ngarsa Sung Tulada berarti di depan memberi teladan/contoh2. Ing Madya Mangun Karsa, membina kehendak, kemauan dan hasrat. Ing Madya, di tengah-tengah harmonis dan terbuka. Pamong atau pendidik sebagai pemimpin.
3.Tut Wuri Handayani, mengikuti dari belakang agar penuh perhatian dan tanggung jawab berdasarkan cinta dan kasih.
B. Tri pusat pendidikan budi pekerti menurut Ki Hajar Dewantara :
1. Lingkungan keluarga2. Lingkungan sekolah
3. Lingkungan masyarakat
C. Implementasi Penumbuhan Budi Pekerti
Tujuh cara menumbuhkan nilai-nilai budi pekerti :1. Menumbuhkan nilai-nilai moral dan spiritual
2. Menumbuhkan nilai-nilai kebangsaan dan kebhinekaan
3. Mengembangkan interaksi positif antara peserta didik dengan guru dan orangtua
4. Mengembangkan interaksi positif antar peserta didik
5. Merawat diri dan lingkungan sekolah
6. Mengembangkan potensi diri peserta didik secara utuh
7. Melibatkan orangtua dan masyarakat di sekolah
File link